Cara menggunakan Permalink Yang baik

Permalink adalah fitur yang yang disediakan Google untuk menyesuaikan alamat postingan sesuai keinginan kita sendiri. Anda bisa me-custom permalink sebelum sebuah postingan di-publish karena setelah postingan diterbitkan anda tidak bisa menyesuaikan alamat postingan ini lagi.
Blogspot akan menggunakan permalink otomatis apabila penggunanya tidak me-custom sesuai dengan keinginannya sendiri. Keinginan yang dimaksudkan di sini adalah keinginan agar permalink tidak terlalu panjang dan mewakili isi postingan secara umum.
Jangan mengabaikan fitur ini. Sebuah judul postingan yang panjang mengakibatkan permalink otomatis akan memotong judul postingan tersebut menjadi alamat postingan.

Saya beri sebuah contoh alamat sebuah postingan pada blog ini. Alamat (http://www.sodelenago.net/2014/03/cara-mengisi-refill-cartridge-hitam_26.html) adalah sebuah postingan dengan judul CARA MENGISI REFILL CARTRIDGE HITAM PRINTER CANON PIXMA MG2570. Sedikit tidak baik, bukan? Seandainya dari awal telah menggunakan custom permalink maka alamatnya mungkin menjadi (http://www.sodelenago.net/2014/03/cara-mengisi-cartridge-hitam-canon-pixma.html) lebih sempit dan mewakili semua isi postingan.

Contoh ke-dua adalah postingan dengan judul Tiga Cara Menyesuaikan Tampilan Iklan Sebuah Blog. Jika menggunakan Automatic Permalink alamat postingan tersebut menjadi http://www.sodelenago.net/2015/05/tiga-cara-menyesuaikan-tampilan-iklan.html. Ternyata, tiga-cara-menyesuaikan-tampilan-iklan tidak mewakili semua isi postingan.
Bagiamana Custom Permalink yang baik untuk judul postingan Tiga Cara Menyesuaikan Tampilan Iklan Sebuah Blog.



1. Gunakan http://www.sodelenago.net/2015/05/cara-menyesuaikan-tampilan-iklan-blog.html. Kenapa custom permalink ini baik karena telah mewakili isi postingan. Ketika seorang pengguna mencari sesuatu di google search maka kalimat yang dia ketik adalah cara menyesuaikan tampilan iklan bukan tiga cara menyesuaikan tampilan iklan. Trik ini akan membantu postingan kita naik pada posisi pencarian Google.

2. Bukan tidak baik menggunakan http://www.sodelenago.net/2015/05/tiga-cara-menyesuaikan-tampilan-iklan.html. akan tetapi, tidak mewakili isi postingan dan menjadikan postingan kita memiliki kunci tersendiri yang tidak diketahui oleh pencari berita. Kata tiga tidak baik digunakan karena pencari berita tidak tahu menahu bahwa hanya ada tiga cara menyesuaikan tampilan iklan sebuah blog. Andaikan tiga tersebut merupakan kata yang baku yang telah diketahui oleh semua orang maka kata tiga bisa digunakan.

Custom Permalink yang baik menggunakan tanda (-) atau tanda (/)?
Jika anda membuka Blogger Help tentang custom permalink maka anda akan menemukan tanda (-) di sana.

Demikianlah cara menggunakan Custom Permalink yang baik versi admin sodelenago.net dan ketika pembaca menemukan sesuatu yang perlu diperbaiki dan perlu di tambah, tinggalkan pesan manis di kotak komentar. Salam Sukses.

Nosta Perlin Nazara

Civil Engineering, Blogger, Graphic designer and Social Writer

Post a Comment

Leave your cool coment!

Previous Post Next Post