Usaha Tanpa Modal

Memulai sebuah jenis usaha tidak lepas dari modal. Keterampilan adalah modal dalam memulai sebuah usaha. Modal tersebut bisa berupa uang, barang dan investasi. Seorang calon entrepreneur, modal merupakan faktor yang menentukan jalan atau tidaknya sebuah usaha. Tapi, bagi seorang smart entrepeneur, keterampilan sebagai modal awal dalam memulai sebuah usaha. Modal berupa uang bukan penentu sebuah usaha bisa berjalan atau tidak.
Modal yang paling penting adalah pengalaman. Ini bisa digunakan sebagai titik sentral dalam menentukan jenis usaha apa yang akan dirancang dan dilaksanakan. Tidak ada modal yang paling penting selain pengalaman.
Seorang calon entrepreneur harus memiliki pengetahuan sebelum memulai atau memutuskan untuk berbisnis. Orang tanpa pengetahuan ibarat benda mati, tanpa jiwa. Jadi, uang adalah nomor sekian, pengetahuan adalah yang lebih penting setelah pengalaman.
Skill adalah kebiasaan ditambah pengetahuan. Sebuah usaha yang dilandasi oleh skill akan mendapatkan kecepatan tumbuh lebih besar dibandingkan uhasa yang tidak dilandasi oleh skill.

Kecepatan dan mati hidupnya bisnis (usaha) tergantung pada kemampuan melatih dan mempunyai kreativitas untuk menciptakan peluang, inovasi, dan improvisasi. Modal kreativitas akan menimbulkan peluang.

Nosta Perlin Nazara

Civil Engineering, Blogger, Graphic designer and Social Writer

Post a Comment

Leave your cool coment!

Previous Post Next Post