Keterampilan Adalah Modal Usaha (2)

Hal ini yang dapat anda lakukan untuk memulai sebuah usaha bermodalkan keterampilan. Anda akan penasaran karena modal usaha tidak berwujud benda atau uang.
1. Jual skill dan knowledge
Sebagai contoh, ketika seseorang telah memiliki keahlian dalam pengetahuan bengkel. Maka peluangnya adalah menjadi pemborong tenaga kerja pembuat spare part bengkel atau servis tertentu. Jika seseorang telah memiliki keahlian tentang bangunan. Maka peluang yang bisa diambil menjadi pemborong pekerja, pengendali, dan pemasok barang-barang dalam proyek pembangunan. Disamping itu, sesorang bisa memasarkan jasa desain, inovasi, keahlian dibidang servis alat elektronik (radio, tv, kulkas dan komputer).
2. Jual hobi dan kesukaan
Banyak orang yang mempunyai hobi atau kesukaan akan sesuatu tetapi memendamnya untuk diri sendiri. Peluang yang bisa diambil adalah hobi dan kesukaan itu bisa menjadi awal dalam memulai sebuah usaha. Seorang photographer dengan kameranya bisa menjual jasa dalam acara pernikahan dan wisuda.
3. Jual pengalaman

Pengalaman adalah modal memulai sebuah usaha. Pengalaman akan memberikan sebuah nilai plus bagi seorang calon pengusaha. Seorang bekas karyawan percetakan (fotocopy, rental, dan jilid) akan memiliki strategi dan kreativitas ketika memulai sebuah usaha percetakan. 

Nosta Perlin Nazara

Civil Engineering, Blogger, Graphic designer and Social Writer

Post a Comment

Leave your cool coment!

Previous Post Next Post