Air Minum Layak Konsumsi (4 Kriteria + 1 Solusi)



Sebuah informasi baru untuk sahabat Pure It yang berkunjung ke blog saya kali ini. Ya, informasi ini sangat bermanfaat karena kita akan membahas air yang layak minum. Jangan terlalu tegang ya. Kita tidak sedang membahas bom buku atau tabung gas 3 kg yang sedang meledak. Relax, karena water purifier Pure It menjamin air yang sedang sahabat Pure it teguk layak minum. Tanya kenapa?
Lingkungan kita yang semakin rusak dan jumlah penduduk Indonesia yang semakin bertambah memberikan pengaruh besar terhadap lingkungan tempat tinggal. Penduduk Indonesia yang mencapai 243 740 juta jiwa memberikan perubahan besar terhadap perubahan fungsi lahan, hutan, dan polusi yang besar. Kebutuhan akan lahan, baik untuk permukiman maupun kegiatan perekonomian meningkat sehingga lahan yang berfungsi sebagai retensi atau resapan menurun. Akibatnya aliran permukaan semakin besar. Bahasa kerennya adalah banjir. Kualitas air tanah juga menurun, tercemar dan tidak layak minum. Sahabat Pure It jangan berharap mendapatkan mata air yang langsung bisa diminum layaknya di desa waktu kecil dulu. Hei, jangan melamun dulu. Pasti rindu kampung halamannya ya? Kwkwkw .... Oleh karenanya, mari kita jaga lingkungan kita.
Sahabat Pure It pernah mendengar air layak minum? Ya, pernah (pasti jawabnya di dalam hati). Hampir semua pengunjung blog saya ini pasti sudah tau. Yang paling fatal adalah ketika sahabat Pure It mendefenisikan air layak minum sebagai salah satu syarat bahan campuran beton. Buang dari pikiran sahabat semua spekulasi yang salah ini. Mahasiswa Teknik Sipil pasti tahu bahwa salah satu syarat air untuk campuran beton adalah layak minum. Jadi, air parit layak minum juga?
 Air Minum Layak Konsumsi adalah air yang memiliki 4 syarat sehingga dapat dipastikan air tersebut aman bagi tubuh (sudah pasti air parit campuran beton tidak termasuk). Standar air minum menurut Permenkes no. 492/ MENKES/ PES/ IV/ 2010 dan WHO adalah sebagai berikut :
1. Syarat fisik. Syarat yang dapat diketahui langsung dengan melihat dan mengecap air tersebut. Diantaranya adalah :
a) Tidak berwarna / Jernih. Jangan bayangkan air sirup jeruk yang berwarna kuning menggoda ya. Yang punya blog lagi haus rupanya!
b) Tidak berbau. Nah, sahabat Pure It wajib memasang penciuman yang benar untuk memastikannya. Wow,.... Sahabat Pure It pasti membayangkan anjing pelacak. 
c) Rasa alami. Tawar, seperti rasa air biasa tanpa gula.
2. Parameter Biologis. Tidak mengandung kuman berbahaya seperti bakteri E. Coli dan Coliform (penyebab diare). Air campuran beton pasti membuat sahabat Pure It mondar-mandir kamar mandi tentunya.
3. Parameter kimia. Penjelasannya adalah sebagai berikut:
a) TDS < 500. Total dissolved solid atau kandungan mineral yang terlarut di dalam air lebih kecil dari 500. Tubuh kita memerlukan mineral yang berguna bagi tubuh. Namun mineral tersebut tidak boleh melebihi batas yang diatur oleh pemerintah.
b) pH 6,5-8,5. Kadar keasaman air yang baik adalah antara 6,5 sampai 8,5.
c) Bebas zat kimia beracun
d) Tidak mengandung logam berat
e) Tidak mengandung pestisida
4. Tidak mengadung bahan radioaktif. Limbah radioaktif berasal dari pemanfaatan tenaga nuklir. Sangat berbahaya bagi tubuh.
Nah, syaratnya lumayan banyak, bukan? Sahabat Pure It  pasti kebingungan mencari tahu cara mendapatkan air minum sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh tubuh seperti yang telah dijelaskan di atas. Apakah sahabat Pure It mesti ke kampung mengambil air pegunungan yang asli lalu memasaknya pakai tungku? (weleh,... ingat kampung lagi). Ternyata tidak. Pure It Marvella sebagai solusi untuk sahabat muda yang ingin mendapatkan air minum layak konsumsi dengan nyaman dan praktis. Mahasiswa pasti membutuhkannya. Jangan ditanya yang punya blog butuh atau tidak? Sahabat Pure It tahu bahwa mahasiswa yang tinggal di kos-kosan sangat membutuhkannya (Maaf, saya terlalu jujur).

Mengapa Pureit Marvella?
PureIt Marvella adalah pemurni air berteknologi UV yang dapat mengubah air keran menjadi air minum. Untuk mahasiswa sangat cocok karena lebih praktis dan nyaman (Yang bukan mahasiswa perlu juga kok). Hayo, ada yang marah.
Keunggulan Pureit Marvella adalah :
1) Terlindungi dari kuman berbahaya. PureitMarvella sudah memenuhi kriteria ketat EPA (Environmental Protection Agency) Amerika Serikat dan juga sudah teruji di Scottish Parasite Diagnostic Laboratory Glasgow Inggris, London School of Hygiene and Tropical Medicine, dan Unilever Laboratory.
2) Nyaman. Pureit Marvella terhubung langsung ke pipa air dengan sistem autofill/ pengisian otomatis, sehingga sangat praktis tanpa harus melakukan pengisian ulang.

Pureit Marvella bekerja melalui 4 tahap pemurnian. Wow.... keren. Lihat penjelasan berikut :
1) Filter Sedimen. Menghilangkan kotoran yang terlihat.
2) Filter Karbon Aktif. Menghilangkan parasit, pestisida, klorin, rasa dan bau
3) Filter Sedimen Plus. Menghilangkan partikel karbon dan sisa kotoran
4) Sinar UV Intensitas tinggi. Menghilangkan kuman, parasit, dan bakteri berbahaya
Pureit Marvella memiliki filter GKK (Germ Kill Kit/ Perangkat Pembunuh Kuman). Komponen 2, 3, dan 4 harus diganti setelah memurnikan 3000 liter air. Lama waktu penggantian tergantung banyaknya konsumsi air di rumah. Dalam setahun, sahabat Pure It bisa menghemat Rp 225.000,- sampai Rp 1.750.000,- Cukup untuk beli buku kuliah bukan?

Pureit Marvella UV memiliki fitur unik
1) Advance Alert System. Memberi petunjuk 150 liter sebelum filter GKK habis (estimasi sekitar 15 hari untuk pemakaian 5 orang). Asumsi 2 liter/ orang/ hari.
2) Auto shut off. Menghentikan aliran air ketika lampu UV atau komponen penting lain dalam Pureit Marvella tidak berfungsi.
3) Kapasitas Penyimpanan 4 Liter.
4) Perlindungan fluktuasi tegangan listrik Untuk mencegah kerusakan akibat perubahan tegangan yang tiba-tiba.

Pureit Marvella UV memiliki layanan purna jual
Sahabat Pure It tidak perlu ragu, karena:
1) Pemasangan gratis Pureit Marvella akan dipasang oleh teknisi Pure It yang berpengalaman tanpa dikenakan biaya pemasangan. Sebelum dipasang sumber air akan dicek untuk pengecekan dasar. Pure it tau aja ya kalau kita suka yang gratis-gratis. Hihihi,....
2) Garansi 1 tahun - Jaminan garansi 1 tahun untuk kerusakan dari pabrik.
3) Untuk layanan purna jual bisa langsung menghubungi:
a) Suara Konsumen Pureit : 500258 (PSTN) atau 500258 (GSM)
Sejauh ini, sahabat Pure It tahu gak fungsi air pada tubuh? Ternyata, air bisa menggantikan cairan tubuh sehingga tidak terjadi dehidrasi dan konsentrasi terjaga. Fungsi air di beberapa organ tubuh seperti dikutip dari Detik Health adalah sebagai berikut:
1. Otak. Kadar air yang cukup di dalam tubuh membuat ingatan lebih tajam, suasana hati lebih stabil dan semangat tetap terjaga.
2. Bibir. Banyak minum akan membuat kelembaban bibir dan kerongkongan sehingga tidak terasa kering.
3. Jantung. Ketika tubuh kekurangan cairan, volume darah berkurang sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk bisa memompanya ke seluruh tubuh.
4. Pembuluh darah. Saat suhu di dalam tubuh memanas, pembuluh darah akan melebar agar darah yang lewat bisa melepaskan panas ke lingkungan sekitar.
5. Sendi dan otot. Cairan sangat dibutuhkan oleh otot dan sendi saat tubuh melakukan aktivitas fisik yang berat. Cairan membuat metabolisme energi di otot berlangsung lebih efisien sehingga tidak cepat lelah, serta menjaga kelenturan dan pelumasan sendi sehingga tidak mudah mengalami radang.
6. Kulit. Saat mengalami dehidrasi parah, kulit akan kehilangan elastisitasnya sehingga mudah menjadi keriput.
7. Ginjal.  Fungsi ginjal adalah menyaring darah dan membuang kotorannya melalui urine, sementara cairan tubuh membantunya dengan melarutkan kotoran-kotoran itu agar lebih mudah disaring. Kondisi kekurangan cairan tubuh dapat mengganggu fungsi ginjal, memicu infeksi sakuran kemih dan batu ginjal. 

Banyak juga ya manfaat air untuk tubuh. Nah, untuk sahabat Pure It yang lagi haus sebaiknya meminum air sehingga dehidrasi tidak terjadi dan konsentrasi tetap terjaga sehingga siap untuk membaca postingan ini sampai habis. Setuju ya!
Sahabat Pure It telah bosan membaca celotehan saya? Bisa jadi. Saya juga menyadarinya. Tapi, sahabat muda beruntung karena telah selesai membaca kriteria air minum layak konsumsi. Bukan berarti sahabat muda tidak minum air tanpa pemurni air dari Pure It ya. Masak air mentah hingga mendidih dan pilih kemasan air mineral terpercaya. Tindakan itu sudah lebih dari cukup untuk mendapatkan air layak minum. Ingat bahwa Pureit Marvella merupakan terobosan untuk membantu kita mendapatkan air minum layak konsumsi dengan praktis dan nyaman. Penjelasannya sudah jelas, bukan? Ya, jawab saja sangat jelas. Apakah isi postingan kita sampai disini aja ? Tentu tidak. Kita harus semangat karena yang muda yang memberi wajah baru pada lingkungan tempat tinggal kita. Benar gak? Ya, tentu benar karena air pada dasarnya akan terus tersedia apabila kita menjaga lingkungan kita. 
Sudah semangat lagi? Pasti semangat setelah melihat foto yang punya blog. Iya, kan? Kwkwkw,... Iya kan aja ya walaupun kata hati menolaknya. Lanjut lagi! Sahabat Pure It Inilah cara mudah yang bisa kita lakukan untuk menjaga kelestarian air. Baca baik-baik ya!
1) Buang sampah pada tempatnya. Tindakan ini akan mencegah banjir. Parit bukan tong sampah ya, sahabat Pure It
2) Mengurangi penggunaan tissue dan kertas. Tindakan ini mengurangi penebangan pohon. Gunakan lap tangan dari kain. 
3) Gunakan Paving Block / Con Block untuk membuat carport, lapangan parkir atau penutup halaman rumah. Paving Block sangat mudah digunakan dan dipindahkan. Harga yang terjangkau dan tidak mengganggu penyerapan air hujan ke dalam tanah. Ini cara kita untuk menjaga persediaan air di dalam tanah.
4) Kebakaran hutan di Riau mengajak kita untuk hemat menggunakan air. Sekitar 11.500 Ha hutan terbakar [1] Letusan Gunung Merapi merusak 867 Ha hutan [2] dan hutan rusak radius 2 – 3 km akibat letusan Gunung Sinabung. Akibat nyata dari kerusakan itu adalah bencana kekeringan di musim kemarau dan tanah longsor di musim hujan. Hal ini terjadi karena hutan terus berkurang sehingga kemampuan hutan untuk menahan dan menyimpan air serta menjaga struktur tanah agar kuat terus berkurang. Jadi, hematlah air dari sekarang. Sebagian wilayah Indonesia masih kesulitan mendapat air bersih.
5) Menghemat pemakain listrik.
6) Menggunakan angkutan umum merupakan cara kita untuk mengurangi pelepasan CO2 ke udara. Mencegah Global Warming.
7) Beralih pada Teknologi Hijau. Teknologi hijau merupakan teknologi terbaru yang ramah pada lingkungan. Echo Idle Technology dan Hidrazin Hidrat dengan hasil pembakarannya semua menjadi energi tanpa melepaskan CO2.
8) Yang terakhir adalah 2 anak cukup. Apa hubungannya? Ternyata, jumlah penduduk memberikan pengaruh besar pada perubahan lingkungan. Kok bisa? Ecopology Indonesia akan menjawabnya. Berkunjung ya!
Tidak terasa sahabat Pure It telah selesai membaca postingan ini. Pembahasan kita tentang air minum layak konsumsi telah berakhir. Eitsss,... jangan nangis dulu. Kotak komentar masih ada kok. Tinggalkan komentar di sana aja ya. Gunakan Pureit Marvella sebagai langkah praktis dan nyaman untuk mendapatkan air layak konsumsi. Ingat. Air berasal dari lingkungan kita. Mari kita jaga.

Referensi
·         [1] Awar, Khaidir. 2014. Luas Hutan yang Terbakar di Riau Terus Bertambah, Capai 11 Ribu Hektar, http://news.detik.com/read/2014/03/05/140053/2516106/10/luas-hutan-yang-terbakar-di-riau-terus-bertambah-capai-11-ribu-hektar . 20 Juni 2014 (20:20).
·         [2] Antaranews.com, Erupsi Merapi Rusak 867 Hektare Hutan, p.1, 2010, http://www.antaranews.com/berita/232579/erupsi-merapi-rusak-867-hektare-hutan. 20 Juni 2014 (16:02).
·         Daryanto, 2013, Pengantar Pendidikan Lingkungan Hidup, Yogyakarta : Gava Media
·         Nasib, 2013. Ketika Parit Menggatikan Tong Sampah. Harian Analisa. 15 Desember. Halaman 19. Medan.
·         daihatsu.co.id, Daihatsu Kembangkan Teknologi Ramah Lingkungan, p.1, http://www.daihatsu.co.id/news/read/68/daihatsu-kembangkan-teknologi-ramah-lingkungan. 06 Juni 2014 (09.00).
·         ecopologyindonesia.blogspot.com, Masalah Kependudukan : Parit Menggantikan Tong Sampah #1, p.1, http://ecopologyindonesia.blogspot.com/2014/04/masalah-kependudukan-parit.html. 30 Juli 2014 (10.00).
·         Lombablogpureit.blogsdetik.com, Syarat Air Minum Yang Layak Dikonsumsi, p.1, http://lombablogpureit.blogdetik.com/tentang-pureit/. 08 Juli 2014 (10.00).
·         phschologymania.com, Penyebab yang Disebabkan Bakteri Escherichia coli, p.1, http://www.psychologymania.com/2012/08/penyakit-yang-disebabkan-oleh-bakteri.html, 07 Juni 2014 (09.50).
·         Pu.go.id, Pedoman Umum Rumah Sederhana Sehat, PDF files.

·         wwf.or.id, Kurangi Dampak Lingkungan, p.1, http://www.wwf.or.id/cara_anda_membantu/kurangi_dampak_
lingkungan/05 Juni 2014 (11:20).
·      Healt.detik.com, Air Memberikan Manfaat yang Berbeda Disetiap Bagian Tubuh, http://health.detik.com/read/2011/08/23/173359/1709540/766/air-memberikan-manfaat-yang-berbeda-di-setiap-bagian-tubuh. 11 Juni 2014 (00:20).

Nosta Perlin Nazara

Civil Engineering, Blogger, Graphic designer and Social Writer

6 Comments

Leave your cool coment!

  1. Wah, tulisannya bagus... keunggulannya, menonjolkan sisi teknis dan ilmiah. yes, kalo saya kan terlalu nyantai. :)

    ReplyDelete
  2. Gan Aditya, terima kasih telah berkunjung berkunjung kembali. Mari kita jaga lingkungan kita.
    Salam blogger.

    ReplyDelete
  3. Karena sekarang perkembangan teknologi ramah lingkungan sudah mulai maju, makanya mulai juga gunakan tray makanan ramah lingkungan. Gunakan Greenpack yakni Packaging makanan yang dibuat dengan menggunakan teknologi canggih untuk menghasilkan produk yang ramah lingkungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sarannya.
      Semoga lingkungan Indonesia semakin hijau.
      Salam,
      Admin

      Delete
Previous Post Next Post