Kebudayaan, Peradaban dan Peran Gender

Kebudayaan berasal dari kata "Budaya" yang berarti hasil pengembangan dan pemikiran manusia (Budi : Akal/pikiran dan kemampuan) sehingga kebudayaan adalah segala hasil cipta, karsa dan rasa manusia yang digunakan untuk kebutuhannya (di buat sesuai kebutuhan).

Peradaban berasal dari kata "Adab" yang berarti baik sehingga peradaban adalah segala sesuatu yang dihasilkan manusia/kebudayaan yang bersifat baik atau dapat memajukan kehidupan dan berlangsung sementara dalam kurun waktu tertentu.

Dewasa ini laki - laki dan perempuan merupakan pelaku dan pembaru kebudayaan. Perempuan juga ambil alih dan berpartisipasi pada setiap sistem yang ada di negeri ini. Misalnya, dalm keluarga, perempuan kini menjadi tulang punggung dalam kelurga terlepas dari perbedaan gender. Perempuan zaman sekarang telah menjadi penentu dalam keluarga bukan hanya tertuju pada laki - laki saja. Contoh kecil adalah perempuan dalam keluarga menjadi penentu berbagai rencana/planning dalam keluarga.Mengantar anak,menentukan anak sekolah dimana,dan banyak hal dalam sendi keluarga yang telah di ambil alih oleh wanita pada zaman sekarang. Ini jelas terjadi sesuai dengan kebutuhan  dalam sebuah keluarga. 
Dalam segi pengetahuan perempuan juga telah berpartisipasi di dalamnya, Organisasi, kepemimpinan dan juga sitem ekonomi. Semua unsur yang dimaksud merupakan pembaru dan pembentuk sebuah kebudayaan dan peradaban.

Nosta Perlin Nazara

Civil Engineering, Blogger, Graphic designer and Social Writer

Post a Comment

Leave your cool coment!

Previous Post Next Post