Hubungan IPTEK,Hedonisme dan Konsumerisme

Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenagan dan kenikmatan materi adalah tujuan hidup. Konsumerisme adalah gaya hidup yang mengganggap barang dan benda merupakan ukuran kebahagian dan kesenangan.

Hedonisme dan Konsumerisme selalu berjalan beriringan seiring dengan berkembangnya IPTEK. IPTEK selalu berinovasi menghadirkan berbagai macam bentuk teknolgi yang bisa di dapatkan dengan mudah oleh masyarakat. Pelaku Konsumerisme tidak mempertimbangkan fungsi dari barang yang akan ia beli tetapi ia mempertimbangkan prestice yang ia dapatkan jika membeli suatu barang. Pelaku yang semacam ini tidak pernah merasa puas dengan apa yang ia miliki. Tentunya Konsumerisme berlaku pada orang yang punya taraf hidup yang tinggi. Lalu, bagaiman jika Konsumerisme ini melanda kalangan bawah/rendah.Coba anda simpulkan sendiri apa yang akan terjadi.
Pelaku Konsumerisme selalu bersifat konsumtif. Ia tidak akan senang jika sesuatu barang baru belum ia dapatkan. IPTEk terus memfasilitasi keinginan pelaku Konsumerisme tersebut dengan teknologi yang baru yang bisa dijumpai dalam bentuk benda dan jasa yang sekarang banyak beredar. 

Hedonisme akan tercapai bila seseorang sukses atau bisa mendapatkan sesuatu. Dengan IPTEK Hedonisme akan selalu terpenuhi karena iptek bisa memberikan sesuatu yang "instan". Hedonisme membuat orang lebih "Hura - Hura" dan mementingkan kesenangan dan kepuasan pribadi. Korupsi merupakan sebuah wujud dari Hedonisme saat ini.
Hedonisme dan Konsumerisme di bidang IPTEK akan tercapai bila seseorang bisa membeli dan menguasai barang tertentu yang bisa memberikan kepuasaan tersendiri bagi pelakunya.



Nosta Perlin Nazara

Civil Engineering, Blogger, Graphic designer and Social Writer

Post a Comment

Leave your cool coment!

Previous Post Next Post